GUEST BOOK

OUR PRODUCT

Groovy Pointer 5

7/05/2011

AKSARA JAWA

Tulisan paling awal dikenal tanggal Jawa dari abad ke-4 Masehi, dimana pada saat Jawa ditulis dengan alfabet Palawa. Pada abad 10, alfabet Kawi, yang dikembangkan dari Palawa, memiliki bentuk yang berbeda Jawa.
Pada abad ke-17, alfabet Jawa, juga dikenal sebagai tjarakan atau Carakan , telah berkembang menjadi bentuk yang sekarang. Selama pendudukan Jepang di Indonesia antara 1942 dan 1945, alfabet itu dilarang.
Untuk periode dari abad 15 dan seterusnya, Jawa juga ditulis dengan versi dari huruf Arab, yang disebut pégon atau gundil .
Karena Belanda memperkenalkan abjad Latin ke Indonesia pada abad ke-19, alfabet Jawa secara bertahap telah digantikan. Hari ini digunakan hampir secara eksklusif oleh para sarjana dan untuk dekorasi. Mereka yang bisa membaca dan menulis itu diadakan di harga tinggi.

Terkemuka fitur

  • Jawa alfabet suku kata - setiap huruf memiliki vokal yang melekat / a /. Vokal lain dapat ditunjukkan dengan menggunakan berbagai diacritics yang muncul atas, bawah, di depan atau setelah surat utama.
  • Setiap konsonan memiliki dua bentuk: aksara bentuk yang digunakan pada awal suku kata, sedangkan Pasangan bentuk, yang biasanya muncul di bawah aksarabentuk, digunakan untuk konsonan kedua dari gugus konsonan dan mematikan suara vokal dari aksara .
  • Ada sejumlah surat khusus yang disebut aksara murda atau aksara gedhe (huruf besar atau penting) yang digunakan untuk tujuan kehormatan, seperti untuk menulis nama-nama orang yang dihormati.
  • Urutan konsonan membuat mengatakan berikut, "Hana caraka, data sawala padha jayanya, Maga bathanga" yang berarti "Ada (dua) utusan, mereka mulai melawan, keberanian mereka sama, mereka berdua jatuh mati"

Digunakan untuk menulis:

Jawa (basa Jakarta), sebuah bahasa Austronesia dituturkan oleh sekitar 80 juta orang di Indonesia dan Suriname. Di Indonesia Jawa diucapkan di Jawa, terutama di tengah dan Jawa Timur, dan di pantai utara Jawa Barat, dan di Madura, Bali, Lombok dan di wilayah Sunda Jawa Barat.
Jawa digunakan sebagai bahasa pengadilan di Palembang, Sumatera Selatan sampai akhir abad 18 dan telah digunakan sebagai bahasa sastra selama lebih dari satu milenium. Saat ini tidak memiliki status resmi meskipun diakui sebagai bahasa daerah di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Hal ini diajarkan di beberapa sekolah, dan ada beberapa radio dan program TV di Jawa, serta sejumlah majalah.
Alfabet Jawa juga digunakan untuk menulis Bali dan Sunda, tetapi telah diganti denganabjad Latin .

Alfabet Jawa

Aksara konsonan

Konsonan

Pasangan konsonan

Modal konsonan

Aksara murda konsonan

Modal konsonan

Subscript aksara murda konsonan

Modal konsonan

Vokal, vokal dan diacritics diacritics konsonan akhir

Vokal, vokal dan diacritics diacritics konsonan akhir

Tanda Baca

Jawa baca
Jawa baca

Angka

Jawa angka

Contoh teks dalam alfabet Jawa (Doa Tuhan)

Jawa sampel teks

Transliterasi

Rama kahula hīkā Saya wonten 'Swarga. wasta Sampeyan dadossa subsi. Sampeyan sadžaman rawuḥha. Kars Sampeyan dadossa 'i bumi kados' i Swarga. redžekki kahula ka saintendinten sukanni dinten puniki mari kahula. hambi puntan mari kahula kahula dosa, kados kahula puntan mari satungiltūgil titiyū salah ka mari kahula. hambi sampun bekta kahula 'i pertšoban. trus tšutšullken kahula bari PADA sa ṅawon, sabab sadžaman hambi kawasa gusti sarta kamukten kagū ṅannipun dumugi 'i ṅawet. Amin

Alfabet Latin untuk orang Jawa

Jawa alfabet

Jawa pengucapan

Jawa pengucapan
Informasi tentang abjad Latin Jawa dan pengucapan dikompilasi untuk Wolfram Siegel

Contoh teks dalam bahasa Jawa

Saben uwong kanthi mardika lan kalairake darbe martabat lan hak-hak kang padha. Kabeh pinaringan akal lan Kalbu sarta pasrawungan anggone kaajab Siji lan sijine memitran kanthi sumadulur Jiwo.

Silahkan download font huruf palawa ini untuk koleksi anda  HURUF PALAWA

< http://www.omniglot.com/writing/javanese.htm >

0 comment:

Posting Komentar

- my best regard -

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver